Get In Touch

January 16, 2014

Gombong : Benteng Van Der Wijck

Kota Gombong merupakan salah satu kota yang termasuk kecil. Tapi siapa sangka kalau di kota kecil ini terdapat berbagai makanan enak nan lezat, minuman segar dan enak juga, serta beberapa tempat yang bisa dibilang mengesankan. Nah, kali ini saya akan membahas sebuah tempat yang mengesankan itu.



Benteng Van Der Wijck. Bagi warga kota Gombong, pasti tidak asing lagi dengan bangunan tua berwarna merah ini. Namun jangan khawatir untuk warga di luar Gombong yang belum mengetahui apa dan bagaimana tempat ini, karena disini saya akan menjelaskan sekilas mengenai tempat tersebut.


Menurut sejarah, Benteng Van Der Wijck adalah benteng bekas pertahanan Hindia-Belanda yang dibangun sekitar abad ke 18. Bisa dibayangkan seberapa tuanya benteng merah ini kan?. Nama Van Der Wijck sendiri berasal dari nama komandan pada saat itu yang karirnya cukup cemerlang dalam membungkam perlawanan rakyat Aceh.


Benteng ini memiliki luas 3.606,625 m2, tinggi 9,67 m, dan 2 lantai. Keunikan dari benteng bersejarah menurut saya yaitu banyaknya ruangan yang terdapat di dalamnya. Tidak di lantai atas atau bawah, sama saja banyaknya. Sangat mengesankan! Bagi siapa saja yang penasaran dengan bentuk asli sampai bentuk renovasi benteng ini , kalian bisa melihat foto-fotonya di sana.


Selain itu, hal mengesankan lainnya adalah adanya kereta gantung yang berada di atap benteng untuk memudahkan pengunjung melihat-lihat pemandangan di sekitar benteng, kereta kencana & kereta listrik yang memudahkan pengunjung mengelilingi bangunan benteng, kolam renang yang disediakan untuk pengunjung yang ingin berenang, bebek air untuk bersenang-senang, serta masih banyak lagi.



Sekilas penjelasan saya mengenai Benteng Van Der Wijck, benteng merah yang bersejarah. Bagi yang masih penasaran Gimana sih bentuk tempatnya? , Seberapa mengesankannya Benteng Van Der Wijck? , Apakah menyenangkan berada di sana? , dan berbagai pertanyaan lainnya, langsung saja datang ke Benteng Van Der Wijck yang berlokasi di Gombong, kab. Kebumen, Jawa Tengah, teptnya di Komplek SECATA (Sekolah Calon Tamtama). Selamat berkunjung!!! ◕‿↼

0 komentar:

Post a Comment